Friday, February 22, 2013

CAFE_MALAM : Mau Beli Kamera? Jangan Cuma Lihat dari Pikselnya, Ini Dia Tipsnya


Unic29 - Beli Kamera
Unic29.com – Pada perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2013 yang digelar di Las Vegas, produsen kamera memamerkan aneka produk terbarunya. Namun banyak dari mereka masih menggunakan strategi pemasaran lama.
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak produsen kamera menjadikan hitungan piksel sebagai titik jual utama dari produk mereka. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa jumlah piksellah yang paling mempengaruhi kualitas gambar. Tetapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar.
Untuk membuktikannya, mengambil foto sebuah objek di sudut ruangan yang gelap dengan menggunakan dua kamera dengan pengaturan dan lensa yang sama, tetapi memiliki jumlah piksel yang berbeda. Seperti yang dilansir inilah
Cahaya rendah akan menampilkan banyak bintik-bintik ‘noise’ dalam foto yang diambil. Anda seharusnya akan melihat bintik-bintik ‘noise’ yang lebih banyak terlihat pada kamera yang memiliki jumlah piksel yang lebih tinggi tinggi.
Mengapa itu bisa terjadi?
Itu karena pada titik tertentu, Anda lebih baik memiliki kamera dengan piksel yang cukup namun memiliki kualitas yang lebih baik ketika menangkap gambar dari cahaya yang terlihat ketimbang kamera dengan piksel yang lebih besar namun memiliki kualitas menangkap gambar yang lebih rendah.
Intinya di sini adalah ketika Anda akan membeli kamera, fokuskan pilihan Anda dengan melihat pada tipe dan dimensi fisik dari sensornya.
Dalam hal ini, dimensi yang lebih besar berarti lebih baik karena permukaan yang luas memiliki kemampuan lebih baik untuk menangkap cahaya.
Sensor CCD (charged coupled devices) lebih rentan terhadap noda vertikal dari sumber cahaya terang ketika sensor mengalami overload.
Sedangkan sensor CMOS (complementary metal oxide semiconductor) lebih rentan terhadap efek yang tidak diinginkan yang muncul pada gambar ketika memutar shutter kamera.
Jadi, satu yang harus selalu Anda ingat ketika akan membeli kamera: jangan pernah tergoda oleh jumlah piksel yang tinggi.

sumber:
http://www.unic29.com/20366/mau-beli-kamera-jangan-cuma-lihat-dari-pikselnya/

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak